Tahapan Mengidentifikasi Informasi dalam Teks Deskripsi

Di dalam teks terkandung sebuah unsur deskripsi. Teks deskripsi berfungsi untuk memaparkan Suatu gambaran mengenai suatu keadaan. Dalam teks deskripsi, penulis berusaha memindahkan kesan-kesan, hasil pengamatan, dan perasaannyaa kepada pembaca dengan menyampaikan sifat dan semua perincian yang dapat ditemukan pada objek tersebut. Mengenalkan budaya Indonesia menggunakan teks deskripsi yang baik dapat memberikan kesan yang mendalam bagi wisatawan mancanegara.


Mengidentifikasi Informasi dalam Teks Deskripsi

Paragraf deskripsi merupakan penggambaran suatu keadaan dengan kalimat-kalimat sehingga menimbuIkan kesan yang hidup. Penggambaran atau lukisan tersebut harus disajikan secara hidup seningga seolah-olah objek yang dilukiskan tersebut dapat dirasakan dan dlilihat oleh pembaca.

Mengenal Teks Deskripsi

Teks deskripsi merupakan salah satu teks yang menggambarkan atau melukiskan sesuatu secara
hidup, misalnya keadaan alam, ruangan, dan deskripsi tentang seseorang. Jadi, dapat dikatakan bahwa
teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan keadaan, bentuk, atau suasana tertentu, misalnya benda, orang, dan tempat sesuai dengan objek yang sebenarnya.

Jenis-Jenis Teks Deskripsi

a. Paragraf deskripsi dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu paragraf deskripsi spatial, paragraf deskripsi objektif, dan paragraf deskripsi subjektif.
  1. Paragraf deskripsi spatial - Paragraf deskripsi spatial adalah paragraf yang topiknya berupa ruang atau tempat. Paragraf tersebut mendeskripsikan suatu ruang atau tempat dengan sangat jelas kepada para pembacanya.
  2. Paragraf deskripsi objektif - Objektif bermakna apa adanya atau sesuai dengan kenyataan. Oleh karéna itu, paragraf deskripsi objektif menggambarkan suatu objek sesuai dengan kenyataan tanpa adanya opini atau kesan pribadi seorang penulis.
  3. Paragraf deskripsi subjektif - Berbeda dengan paragraf deskripsi objektif, paragraf deskripsi subjektif menggambarkan suatu objek berdasarkan apa yang dirasakan atau dilihat oleh penulis. Dengan kata lain, penulis menuangkan opini-opini pribadi tentang keadaan suatu benda atau objek tersebut.

b. Ciri-Ciri Teks Deskripsi yaitu suatu paragraf dapat dikatakan sebagai paragraf deskripsi jika memiliki ciri-ciri berikut.
  1. Topik yang berupa objek atau benda digambarkan dengan sangat jelas
  2. Objek tersebut digambarkan dengan melibatkan pancaindra, antara lain penglihatan, pendengaran, penciuman dan lain-lain 
  3. Banyak ditemukan kata-kata sifat di dalamnya

Mengidentifikasi Informasi pada Teks Deskripsi

Teks deskripsi menjelaskan aspek-aspek yang dapat diterima oleh pancaindra manusia, antara lain bentuk, warna, rasa, ataupun keadaan suatu objek yang didiskusikan dalam teks tersebut. Teks tersebut rmerupakan hasil penelitian atau pengamatan sehingga objek yang dibahas merupakan objek yang nyata atau dapat dilihat, bukan objek yang masih bersifat abstrak.

Guna mengidentifikasi informasi pada tesk deskripsi, kamu dapat memperhatikan langkah-langkah sebagai berikut :
  • Membaca dengan saksama isi teks deskripsi tersebut.
  • Mencatat informasi yang ada di setiap bagian teks deskripsi.
  • Mencari ide pokok yang ada pada teks deskripsi tersebut
Pras Pratama Tv maven. Hardcore analyst. Pop culture scholar. Writer. Zombieaholic. Prone to fits of apathy. Problem solver. Food lover. Gamer. Music expert.

Belum ada Komentar untuk "Tahapan Mengidentifikasi Informasi dalam Teks Deskripsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel