Jenis, Manfaat dan Tehnik Menanam Tanaman Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua atau memiliki nama lain Sansevieria ini adalah tanaman yang terhitung dalam tipe tanaman hias. Tanaman ini bisa tumbuh secara baik dalam tempat yang mempunyai cahaya matahari yang minim dan memerlukan sedikit air. Beberapa ciri yang mencolok dari tanaman ini ialah memiliki bentuk yang panjang dan tajam. Tanaman ini mempunyai corak yang unik.

Apakah itu Lidah Mertua?

Tanaman yang datang dari kingdom Plantae ini terhitung dalam familli Ruscaceae yang disebutkan Sansvieria. Tanaman ini memiliki kelebihan untuk menyerap beberapa bahan yang memiliki kandungan toksin. Racun-racun itu benar-benar beresiko buat perkembangan tanaman lain dan manusia. Contoh toksin yang beresiko itu diantaranya karbondioksida, formaldehyde, serta benzene.

  • Karbondioksida
Adalah salah satunya senyawa yang datang dari 2 atom oksigen yang terikat dengan atom karbon. Bentuk dari karbondioksida ialah gas ini dapat menyerap satu gelombang inframerah. Mempunyai karakter yang tidak gampang terbakar. Karbondioksida juga umumnya dibuat oleh tumbuhan, binatang, serta mikroorganisme.

  • Formaldehyde
Adalah bahan kimia yang tidak mempunyai warna tapi gampang terbakar. Bahan kimia ini seringkali diketahui dengan methanal dan formol. Adalah bahan kimia yang beresiko buat kesehatan manusia sebab bisa memunculkan penyakit beresiko buat badan, diantaranya ialah kanker. Bahan kimia ini ada di beberapa produk yang seringkali kita temui.

  • Benzene
Adalah senyawa yang sama juga dengan formaldehyde sebab tidak mempunyai berwarna dan gampang untuk terbakar. Benzene dalam kopi berperan jadi penambah rasa manis, walau condong berasa pahit serta sedikit asam buat beberapa pencinta kopi masih bisa merasai rasa manis dari kopi itu.

Beberapa macam Tanaman Lidah Mertua

1. Pinguicula

Adalah tipe lidah mertua yang datang dari wilayah Kenya, Grarissa, serta Bura. Tanaman prigicula ini mempunyai beberapa ciri daun berwarna hijau kebiruan dengan tepian berwarna cokelat . Daunnya juga mempunyai ukuran panjang 12-30 cm dan lebar 3 cm. Tanaman ini bisa tumbuh dalam tempat yang paling kering seperti Kenya.

2. Tanaman Kirkii

Tanaman ini datang dari benua Afrika. Sama dengan tipe lainnya, tanaman ini dapat tumbuh di wilayah yang kering. Ciri daun dari tanaman kirkii ialah warnanya hijau gelap dengan motif loreng yang tidak teratur. Mempunyai bunga dengan warna putih kehijauan dan mempunyai aroma yang enak.Bunganya ada dibagian tengah tanaman.

3. Ehrenbergii

Lidah mertua tipe Ehrenbergii ini datang dari Afrika sisi Timur. Wilayah tempat asal tanaman ini seperti Oman, Tanzania, serta Arab Saudi. Tanaman ini mempunyai daun yang benar-benar rapat serta berwarna hijau tua . Ehrenbergii ini mempunyai banyak faedah lainnya di samping untuk hiasan di dalam rumah anda, bisa dipakai untuk perban dan antiseptik.

4. Trifasciata

Trifasciata adalah salah satunya tipe dari tanaman lidah mertua yang seringkali kita temui. Tanaman Trifasciata ini datang dari lokasi Afrika Barat serta sekelilingnya. Tanaman yang memiliki tipe daun yang kaku serta tumbuh memanjang ke atas ini mempunyai warna hijau dengan motif belang-belang. Tanaman ini bisa kita jumpai di seputar rumah.

5. Stuckyi

Sama dengan tipe lidah mertua yang lain, tanaman ini benar-benar pas dipakai untuk hiasan yang akan percantik ruang anda. Tanaman ini dapat sampai tinggi kira-kira 2 mtr. dengan daun berwarna hijau yang memiliki tekstur kasar dan mempunyai guratan-guratan berwarna pucat. Tanaman ini beraroma wangi serta mempunyai bunga.

Manfaat Tanaman Lidah Mertua

1. Lidah Mertua Bisa Membuahkan Oksigen

Tanaman lidah buaya bisa membuahkan oksigen. Oksigen yang dibuat juga bermutu tinggi. Meskipun adalah tanaman hias tetapi pada kenyataannya lidah mertua dapat juga membuahkan oksigen yang baik. Pada malam hari tanaman hias ini lakukan perubahan karbondioksida jadi oksigen. Ini akan membuat udara waktu pagi hari berasa sejuk

2. Lidah Mertua bisa Menyerap Polusi Udara

Sebab lidah mertua ialah tanaman hias yang bisa membuahkan oksigen yang baik untuk udara, karena itu tanaman ini dapat menyerap udara kotor yang memiliki kandungan karbondioksiada yang selanjutnya saat malam hari akan dirubah jadi oksigen. Lidah buaya dapat menyerap toksin yang beresiko bila dihirup oleh hidung seperti benzene.

3. Menurunkan Sakit Perut serta Wasir

Wasir atau diketahui dengan ambeien seringkali bisa mengganggu kegiatan anda sebab berasa menyakitkan serta tidak nyaman. Begitupula perihal dengan sakit perut sebab gaya hidup anda yang tidak benar. Keadaan ini bisa makin bertambah kronis bila dibiarkan demikian saja. Langkah menurunkan rasa sakitnya yakni dengan air rebusan tanaman hias lidah mertua.

4. Penghias ruang

Pasti kita semua paham jika peranan atau faedah penting dari lidah mertua sebagai penghias di dalam satu ruang. Lidah mertua memiliki bermacam-macam yang tidak sama serta unik. Tidak cuma mempunyai bentuk yang unik saja dan juga mempunyai warna daun serta corak yang bagus saat disaksikan oleh beberapa orang atau tamu yang hadir ke rumah.

5. Wanginya Bisa Jadikan Aroma Therapy

Tidak hanya bermanfaat untuk penghias ruang, mengakhiri permasalahan polusi udara serta menurunkan penyakit, lidah mertua rupanya dapat jadikan jadi aroma therapy. Sebab beberapa jenis tanaman lidah buaya membuahkan aroma yang wangi, hingga bisa membuat orang yang hirup aromanya bisa menjadi lebih santai serta tenang.

6. Bisa Kurangi Syndrome

Bila anda masuk satu ruang tapi dengan hidung yang gatal, iritasi, pusing, mual anda butuh waspada sebab hal itu dapat ke arah pada syndrome atau trauma dengan gedung yang membuat anda tidak nyaman ada dalam satu ruang. Untuk menangani hal itu anda bisa tempatkan tanaman lidah mertua di ruang.

7. Lidah Mertua Menolong Menyerap Radiasi

Nyatanya tanaman ini dapat menyerap radiasi dari beberapa barang elektronik anda. Kita ketahui jika radiasi dari beberapa barang elektronik memang mempunyai efek yang jelek untuk kesehatan badan. Adanya lidah mertua karena itu radiasi akan diserap secara baik, pasti hal tersebut akan kurangi dampak negatif dari paparan radiasi ke badan kita.

Langkah Menanam Lidah Mertua dengan Baik

1. Pilih pot secara benar

Bila anda ingin menanam lidah mertua karena itu langkah yang baik pertama ialah anda harus pilih pot yang akan dipakai dengan cermat. Memerhatikan berapa besar tanaman yang akan kalian tanam, lantas cocokkan dengan ukuran pot yang akan dipakai. Bila tanaman lidah mertua anda memiliki ukuran besar karena itu pot yang dipakai juga besar.
Ada beberapa jenis tipe pot yang bisa anda pilih, dari mulai pot memiliki bahan plastik, keramik, semen, serta tanah liat. Pasti tiap pot di atas memiliki kelebihan serta kekurangannya semasing,harga juga ada dalam beberapa jenis bergantung dengan tipe pot yang anda pilih serta bagaimanakah cara anda memilihnya agar sesuai dengan.

2. Penentuan media untuk menanam

Media yang dibutuhkan untuk menanam lidah mertua ialah media yang bisa pahami karakter dari tanaman ini yakni kering serta tidak memerlukan banyak air. Media yang bisa anda sediakan diantaranya sekam bakar, pasir malang serta pupuk organik. Penggunaan media bergantung pada varietas tanaman yakni varietas kering atau varietas lidah kucing.

3. Pemupukan

Pupuk penting buat perkembangan tumbuhan. Pupuk telah seperti gizi serta makanan yang perlu diterima tanaman agar tumbuh secara baik serta percepat proses perkembangan tanaman. Pupuk diberi tiap sebulan sekali sekitar 1 sendok untuk pot memiliki ukuran kecil. Pupuk yang dipakai juga ialah pupuk yang tidak gampang larut.

4. Reporting

Reporting tanaman adalah perpindahan tanaman baru ke pada suatu pot. Lidah mertua adalah tanaman yang bertumbuh biak dengan tunas. Karena itu bila tunas yang tumbuh pada sebuah pot sejumlah banyak karena itu pot bisa menjadi penuh serta kurang baik untuk disaksikan. Karena itu anda harus mengalihkan tunas baru ke pot lain dengan reporting.

Tehnik Penanaman Tanaman Lidah Mertua

1. Tehnik pembelahan tunas

Lidah mertua bisa bertumbuh biak dengan bertunas, umumnya tunas akan ada pada umur tanaman 1 tahun. Pembelahan tunas ini jadi penting agar pot tidak kelihatan penuh serta kurang baik untuk disaksikan. Proses pembelahan tunas ini dikerjakan waktu tunas berusia 2-4 bulan. Di bawah ini beberapa langkah pembelahan tunas:
  • Pilih tanaman yang bermutu tinggi buat memperoleh tunas yang banyak dan bermutu hingga tidak rawan pada ketidakberhasilan dalam perkembangan.
  • Keluarkan semua sisi dari tanaman selanjutnya membersihkan pot dari media tanam. Tidak lupa untuk bersihkan tanaman dari media tanam.
  • Bila tanaman telah bersih dari media tanam langkah setelah itu memangkas tunas baru yang telah mempunyai daun sekitar 3 helai. Potonglah tunas itu memakai pisau. Sesudah anda potong selanjutnya sisa potongan barusan kita oleskan dengan pestisida.
  • Sediakan pot baru yang sudah berisi media tanam setinggi ¾ dari tinggi pot. tusukkan tunas tanaman lidah mertua dalam pot yang berisi media tanam.
  • Bila tanaman telah tertancap di pot, anda harus juga memberikan tambahan pupuk yang sesuai dengan untuk tanaman itu.
  • Siram tanaman dengan air.

2. Stek daun

  • Pilih tanaman yang bermutu baik dengan ukurannya yang besar serta umurnya yang cukup.
  • Sediakan pot yang sudah berisi media tanam
  • Tusukkan tanaman di pot dengan tempat yang tegak
Langkah ini dikerjakan dengan memerhatikan karakter daun lidah mertua. Contohnya daun yang keras serta panjang bisa terlebih dulu anda potong jadi bagian-bagian. Sedang untuk tanaman yang mempunyai daun memiliki ukuran kecil atau pendek ditancapkan satu helai daun pada 1 pot.
  • Siramlah tanaman dengan air yang seperlunya
  • Tempatkan tanaman di tempat yang tidak terserang cahaya matahari atau tempat yang teduh

3. Stek puncak

  • Pilih tanaman yang cukup sudah usia serta mempunyai daun dengan minimum 12 helai
  • Tunas yang akan digunakan untuk menanam dengan stek puncak ini sekitar 4 helai.
  • Potong puncak dari daun dengan perlahan-lahan
  • Diamkan daun yang sudah dipotong sisi puncak daunnya sepanjang kira-kira 2 hari pada tempat kering.
  • Bila telah didiamkan sepanjang 2 hari, anda tinggal menanamnya di pot dengan media tanam.
  • Siramlah tanaman itu dengan air serta tempatkan di tempat yang teduh.

Penutup

Tanaman lidah mertua adalah salah satunya tipe tanaman hias yang seringkali kita temui di dalam rumah atau di luar rumah dengan situasi keadaan yang teduh. Peranan dari lidah mertua sendiri banyak, dari mulai menahan polusi udara, mencegah radiasi, serta untuk kesehatan. Seringkali beberapa orang yang menanam lidah mertua di tempat tinggalnya atau di ruangan kantor.

Disamping itu lidah mertua memiliki banyak tipe. Sebagai pembeda ialah bentuk, warna, serta ada lidah mertua yang bisa membuahkan aroma yang wangi. Menanam lidah mertua adalah salah satunya ketetapan yang pas tapi anda harus juga memerhatikan bagaimanakah cara menanamnya secara baik serta tehnik apa yang akan anda pakai untuk menanam.
Pras Pratama Tv maven. Hardcore analyst. Pop culture scholar. Writer. Zombieaholic. Prone to fits of apathy. Problem solver. Food lover. Gamer. Music expert.

Belum ada Komentar untuk "Jenis, Manfaat dan Tehnik Menanam Tanaman Lidah Mertua "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel