Tutorial Menanam Daun Sirih, Ini Dia Cara Yang Benar

Daun sirih di beberapa tempat mempunyai penamaan yang tidak sama seperti sedah, suruh, atau sireh. Daun sirih telah semenjak jaman dahulu diketahui jadi tanaman obat yang bermanfaat. Serta tanaman ini disarankan untuk ditanam di halaman rumah jadi salah satunya TOGA (tanaman obat keluarga). Nyatanya langkah menanam daun sirih tidak demikian susah. Perawatannya juga cukup gampang.

source image : antaranews.com

Langkah Demi Langkah Menanam Daun Sirih

Daun sirih sebetulnya hampir dapat hidup dimanapun, khususnya di daerah tropis seperti Indonesia. Tapi Anda harus tetap memerhatikan bagaimanakah cara menanam serta perawatannya secara benar supaya daun sirih dapat tumbuh subur. Di bawah ini beberapa langkah menanam daun sirih yang perlu Anda lihat:

1. Persiapan Tanam Daun Sirih

a. Ketentuan Lingkungan

Daun sirih benar-benar pas tumbuh di Indonesia yang beriklim tropis. Daun sirih biasanya dapat tumbuh pada daerah yang mempunyai ketinggian seputar 300 mtr. di atas permukaan laut. Daun sirih dapat tumbuh liar di lingkungan rimba hujan tropis sampai rimba jati dengan curah hujan yang cukup. Daun sirih gampang tumbuh pada beberapa tipe tanah, khususnya tanah gembur.

b. Penentuan Bibit

Bibit daun sirih datang dari tangkai yang sudah tumbuh. Waktu Anda akan menaman daun sirih, Anda dapat ambil bibit dari ujung sisi atas sulur tanaman sirih yang sudah tumbuh subur. Mengambil seputar 40 – 50 cm. Anda dapat memotongnya dengan pertolongan pisau dengan skema menyamping supaya lebih gampang ditancapkan ke tanah.

Tidak hanya ukuran bibit, Anda harus juga memerhatikan kualitas bibit yang akan ditanam. Dibanding nanti Anda harus sedih sebab sirih susah tumbuh secara baik, seharusnya Anda pilih bibit yang memiliki persyaratan seperti berikut:
  1. Tanaman indukan sirih pilih yang memiliki tingkat perkembangan termasuk cepat.
  2. Tanaman indukan diambil yang mempunyai daun lebar, besar, serta bagus.
  3. Tanaman indukan sirih memiliki tunas akar yang banyak.
  4. Tanaman indukan sirih diambil yang mempunyai tangkai bagus.
  5. Jangan pilih tanaman indukan sirih yang telah terserang hama pengganggu perkembangan.
  6. Pilih tanaman indukan sirih yang bebas penyakit.
  7. Jangan pilih tanaman indukan yang memiliki kelainan, cacat, atau pertanda abnormal pada tangkai dan daunnya.

c. Tanaman untuk Sandaran

Tanaman sirih berbentuk menjalar. Oleh karena itu sirih membutuhkan tanaman inangnya untuk jadi media rambatan. Seharusnya Anda menanam tanaman rambatan ini waktu musim hujan sebelum sirih ditanam. Supaya sirih dapat tumbuh secara baik, tanaman rambatan harus ditanam dengan jarak seputar 1,5 mtr.. Selanjutnya di bagian samping harus dibuatkan selokan air.

Maksudnya tentunya untuk menyalurkan air hujan, sebab sirih sendiri ialah tanaman yang tidak memerlukan banyak air untuk tumbuh. Akarnya dapat busuk serta rusak bila terserang banyak air yang menggenang di tanah. Pohon sandaran untuk media tanam sirih dapat berbentuk tanaman dadap, kelor, gamal, atau kayu randu.

2. Persiapan Tempat/Media Tanam

Tidak hanya pilih serta mempersiapkan bibit sirih yang bermutu, Anda harus juga membuat media tanam yang bagus. Anda harus membuat kombinasi tanah serta pupuk organik dengan perbandingan yang cocok supaya tanaman sirih dapat tumbuh secara baik.
  1. Sediakan tanah yang akan dipakai untuk menanam sirih.
  2. Campur dengan pupuk organik (dapat berbentuk pupuk kompos tanaman atau hewan) dengan perbandingan 1:1. Berarti, bila Anda ambil 1 ember tanah, karena itu campur juga dengan 1 ember pupuk organik.
  3. Aduk/campur rata tanah serta pupuk organik itu. Selanjutnya diamkan kombinasi tanah ini sepanjang beberapa waktu sebelum Anda mulai menanam sirih.

3. Beberapa Langkah Menanam Daun Sirih

Ada banyak pilihan cara menanam daun sirih yang dapat diaplikasikan. Semuanya bergantung dengan keadaan tempat yang Anda punya di dalam rumah. Anda dapat menanamnya langsung di tanah atau di pot serta polybag yang tidak mengonsumsi banyak tempat. Di bawah ini cara menanam daun sirih sesuai media tanamnya semasing:

a. Tehnik Stek

Tehnik ini demikian gampang serta praktis untuk diterapkan di dalam rumah. Anda tinggal cari bibit serta mencampurkan tanah dan kompos dengan pas. Di bawah ini beberapa langkah yang perlu Anda turuti:
  1. Sediakan media tanam berbentuk kombinasi tanah, pasir, serta kompos. Perbandingannya harus 3:1:3 yakni tanah 3 sisi, pasir 1 sisi, serta kompos/pupuk organik 3 sisi.
  2. Masukan kombinasi tanah ke polybag. Ukurannya sampai hampir penuh. Sisakan seputar 3 cm dibagian atas supaya tanah tidak tumpah.
  3. Pilih bibit stek sirih yang bagus dari tangkai yang telah tua. Potong tangkai dengan ukuran seputar 2 ruas, selanjutnya masukan di air seputar 15 menit.
  4. Kemudian, tusukkan bibit sirih dalam media tanah yang telah disediakan.
  5. Janganlah lupa untuk teratur menyiram sirih tiap sore dan pagi.
  6. Bila sirih telah mempunyai akar yang cukup lebat, alihkan tanah dari polybag ke media tanam lainnya seperti pot atau ditanam dalam tanah langsung.

b. Tehnik Tanam Sirih Merunduk

Langkah ini biasa dikerjakan pada sirih merah atau sirih hitam. Dengan tehnik merunduk ini, Anda tidak butuh memakai media tanam sesaat seperti polybag. Tehnik pembiakannya masih memakai badan induk sirih yang akan diambil bibitnya. Cara-caranya seperti berikut:
  1. Pilih induk tumbuhan sirih yang mutunya bagus, tidak berhama, serta tidak ada kelainan.
  2. Selanjutnya cari tangkai sulur yang bagus serta panjang. Mengatur supaya tangkai ini dapat merunduk sampai melekat pada media tanam (dapat berbentuk tangkai tumbuhan lain atau kayu).
  3. Siramlah tangkai sulur ini tiap hari dengan teratur sampai ada akar yang keluar.
  4. Potonglah sulur barusan pas dibagian bawah akar yang ada.
  5. Selanjutnya alihkan sulur sirih yang berakar ini di media tanam lain seperti pot atau tanah pekarangan.

c. Tehnik Tanam Sirih dengan Stek Air

Bila pada langkah awal barusan ialah langkah menanam daun sirih dengan stek tanah, karena itu kesempatan ini Anda dapat mempraktikkan langkah yang tidak kalah gampang yakni dengan stek air. Triknya seperti berikut:
  1. Potonglah sisi sulur tanaman sirih yang bagus serta telah tua.
  2. Selanjutnya sediakan wadah (dapat berbentuk gelas atau botol air mineral sisa yang dipotong sisi mulutnya). Isi wadah ini dengan air bersih.
  3. Masukan sulur sirih dalam wadah berisi air. Yakinkan janganlah sampai sisi daun sulur turut terbenang air.
  4. Tunggu sampai seputar 1 minggu. Sulur sirih Anda akan keluarkan akar-akar baru.
  5. Alihkan sulur yang telah keluar akarnya ini di media tanam lain seperti pot bunga atau tanah.

4. Langkah Perawatan Saat Tanam

Bibit sirih yang telah usai ditanam tetap harus dirawat secara baik. Anda dapat ikuti panduan perawatan tanaman sirih di bawah ini untuk membuahkan tanaman yang bagus serta subur:
  1. Daun sirih benar-benar sensitif pada cahaya matahari. Tanaman sirih yang terserang kebanyakan cahaya matahari dapat membuat daunnya berwarna kuning serta terasa pedas.
  2. Tanaman sirih yang diletakkan pada ruang teduh akan mempunyai daun berwarna hijau fresh serta rasa-rasanya pedasnya tidak mencolok.
  3. Sebaiknya anda memakai pupuk kompos dari kotoran ayam yang berbentuk dingin supaya rasa daun sirih tidak beralih.
  4. Kerjakan penyiraman optimal 3 kali satu minggu. Anda butuh ingat jika daun sirih tidak demikian senang air. Jadi kerjakan penyiraman seperlunya saja.
  5. Lihat adakah hama yang menebar pada daun sirih. Bila ada 1 tangkai atau daun yang terserang hama, selekasnya potong tangkai itu supaya tidak menyebar ke sulur-sulur yang lain.

5. Step Panen

Nyatanya tanaman sirih baru dapat dipanen waktu telah berumur 1 tahun. Pemanenan daun sirih jangan asal-asalan. Sebaiknya anda memanen daun sirih saat pagi hari waktu matahari belum cemerlang terik. Maksudnya, supaya Anda dapat memperoleh daun sirih yang masih fresh.

Anda dapat ambil daun sirih sekitar 3-4 lembar pada tiap sulur yang menggantung. Awalilah menuai dari daun sirih yang paling bawah sampai ujung atas. Seharusnya Anda pilih sulur yang telah memiliki ukuran seputar 3 – 4 ruas. Sulur ini cukup sudah tua untuk dipanen, jadi pergantian daun sirih Anda dapat terbangun. Sulur yang masih terbilang muda dibiarkan bertumbuh dahulu.

Bila Anda menanam untuk diperjual-belikan, karena itu bungkuslah daun sirih yang sudah diambil dengan daun pisang. Maksudnya supaya daun sirih lebih bertahan lama serta tidak gampang layu. Bila Anda ingin memakai daun sirih dengan pribadi, Anda dapat menyimpannya pada kertas koran selanjutnya masukan pada almari es.

Langkah menanam daun sirih nyatanya tidak demikian susah. Anda cuma perlu bibit dan kombinasi tanah yang pas. Perawatannya juga termasuk cukuplah gampang. Anda cuma perlu ketelatenan serta loyalitas saja. Menanam daun sirih dapat juga jadi hoby berkebun baru yang menyenangkan buat Anda.
Pras Pratama Tv maven. Hardcore analyst. Pop culture scholar. Writer. Zombieaholic. Prone to fits of apathy. Problem solver. Food lover. Gamer. Music expert.

Belum ada Komentar untuk "Tutorial Menanam Daun Sirih, Ini Dia Cara Yang Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel