Panduan Menanam Buah Naga Dari Awal Sampai Panen

Langkah menanam buah naga baik di kebun atau di pot pada intinya simpel. Tetapi, tingkatan awal dalam tehnik menanam buah naga sering ditinggalkan oleh beberapa orang. Hal itu membuat buah naga tidak segera berbuah walau sudah ditanam dalam tempo yang lama.

Biasanya dalam periode waktu 7 sampai 10 bulan, buah naga telah membuahkan buah. Serta dalam 5 bulan saat tanam kadang telah berbuah. Simak rincian tentang langkah budidaya buah naga supaya cepat memberikan keuntungan berikut ini.


Mengetahui Buah Naga yang Akan Anda Tanam

Tanaman buah naga masuk ke kelompok kaktus yang dapat hidup di padang pasir. Rasa buah naga diketahui manis serta fresh. Disamping itu, buah naga mempunyai banyak faedah hingga pas untuk dibudidayakan.

Di Indonesia tipe buah naga yang seringkali ditanam ialah buah naga merah serta putih. Tetapi, Anda dapat pilih sendiri tipe buah naga di bawah ini untuk ditanam : merah, putih, super red, kuning, serta hitam.

Membuat Bibit Buah Naga

Untuk bikin bibit buah naga Anda dapat pilih langkah generatif yakni dari biji, atau langkah vegetatif dengan memakai stek. Bila Anda inginkan hasil buah naga yang sifatnya sama juga dengan induknya, seharusnya pilih langkah vegetatif. Disamping itu, langkah ini membuat tanaman jadi lebih cepat berbuah.

Langkah budidaya buah naga dengan generatif jarang-jarang dikerjakan sebab karakter tanaman yang tumbuh tidak sama dengan induk. Disamping itu, dengan generatif memerlukan tempat spesial untuk penangkaran.

Anda harus pilih indukan yang bermutu baik supaya buah yang dibuat prima. Karakter indukan buah naga bermutu akan di turunkan pada anaknya, terhitung buah naga yang dibuat.

1. Beli Bibit

Bila Anda kesusahan memperoleh indukan buah naga serta baru pertama-tama menanam buah naga, Anda dapat memperolehnya di toko pertanian. Berikut persyaratan bibit buah naga yang baik :
  • Sedikitnya bertunas empat
  • Bibit berumur 60 hari atau lebih
  • Bibit mempunyai ketinggian minimum ½ mtr., tetapi lebih baik dengan tinggi 80 cm
  • Tangkai bibit berwarna hijau sehat serta bebas dari penyakit
  • Cari tahu berapakah kali indukan bibit itu berbuah. Indukan bermutu baik minimal telah berbuah sampai 3x
  • Bila Anda beli bibit di toko online, yakinkan untuk membaca penjelasan konsumen.

2. Membuat Bibit Buah Naga Sendiri dengan Cara Stek

Anda dapat membuat bibit buah naga sendiri dengan tehnik stek. Berikut penjelasannya :

  • Cari indukan buah naga yang bagus. 
Dengan persyaratan seperti berikut :
  1. Minimum pernah bebuah sekitar 4x
  2. Dengan diameter minimal 80 cm
  3. Tangkai berwarna hijau cukup kelabu, kuat, keras, serta tua
  4. Tidak ada pertanda penyakit pada bibit.
  • Memangkas tangkai semasing dengan panjang 80 sampai 120 cm. Anda dapat memakai 80% panjang tangkai untuk jadikan bibit, sedang bekasnya dibiarkan tumbuh. Tiap bibit sedikitnya mempunyai empat calon tunas.
  • Memangkas tangkai semasing memiliki ukuran 20 sampai 30 cm, sisi atas dipotong rata, sedang bawahnya runcing.
  • Sisi bawah yang dipotong runcing akan ditancapkan ke tanah seharusnya di celupkan ke fungisida supaya terlepas dari penyakit pembusukan.
  • Pada pangkal tangkai sisi bawah, Anda bisa memoleskan perangsang akar. Selanjutnya menancapkannya sedalam 5 cm ke media tanam di polybag atau bedengan.
  • Anda bisa membuat media tanam dari beberapa kombinasi seperti : kompos. Tanah, serta sekam padi. Semasing dengan perbandingan 2 : 1 : ½ .
  • Supaya stek tangkai buah naga ditutupi, bikinlah pelindung dari panas matahari
  • Pada sore dan pagi hari, siramlah tanaman dengan air sekitar 2x
  • Anda dapat buka pelindung sebab tunas pertama sudah tumbuh saat berumur tiga minggu.
  • Anda dapat mengalihkan tunas ke tiang panjat saat usia tunas sampai dua bulan, atau saat tunas sampai tinggi 50 sampai 80 cm. Bila sampai umur tiga bulan tunas tidak segera tumbuh, bisa saja tanda-tanda jika bibit gagal tumbuh.

Persiapan Menanam Buah Naga

Tanaman buah naga adalah tanaman semacam kaktus yang memerlukan banyak cahaya matahari. Meski begitu, tanaman ini tidak kuat. Supaya tanaman buah naga berbuah lebat serta cepat, Anda harus memerhatikan beberapa keadaan di bawah ini :

1. Penentuan Tempat Tanam

Tanaman buah naga simpan cadangan air di pohonnya. Oleh karenanya, Anda harus pilih tempat tempat terbuka serta mendapatkan sinar matahari yang cukup. Disamping itu, tempat harus juga bebas dari tanaman liar yang tumbuh di sekelilingnya.

Di wilayah dengan ketinggian 0-350 dpl serta curah hujan 720 mm per tahun benar-benar pas untuk jadikan tempat budidaya buah naga. Keadaan tempat yang kurang cahaya matahari serta tempat begitu basah benar-benar tidak dianjurkan, keadaan demikian bisa membuat tangkai tanaman membusuk.

2. Membuat Tiang Panjatan

Tangkai tanaman buah naga tidak kuat walau tanaman ini tumbuh menjulang tinggi, hal itu dikarenakan tanaman ini simpan cadangan air pada batangnya.

Keadaan demikian membuat beberapa petani harus membuat tiang panjat dengan tinggi 1,5 mtr., dengan sisi atasnya membuat sinyal lebih supaya bisa menyokong tanaman.

Tanaman buah naga dapat hidup belasan serta sampai 20 tahun, karena itu Anda dapat membuat tiang panjat yang dibuat dari beton atau kayu. Bila membuat tiang panjatan dengan kayu, Anda harus buang kayunya bila telah melapuk serta mengubahnya yang baru.

Berikut beberapa tahap yang perlu dikerjakan dalam proses pengerjaan tiang panjatan :
  1. Sediakan tiang untuk menyokong tanaman yang berupa silinder, Anda dapat memakai tiang panjat dari beton. Persyaratan tiang dari beton diantaranya : dengan diameter 20 sampai 35 cm, tinggi 1,5 sampai 2,5 mtr.. Supaya tiang kuat seharusnya Anda menanamnya dengan kedalaman 50 cm.
  2. Di bagian atas tiang bikinlah rangkailah satu sinyal lebih (+) jadi penopang. Selanjutnya imbuhkan ban motor sisa di bagian tiang itu hingga memiliki bentuk seperti stir mobil.
  3. Menempatkan tiang panjat dengan berbaris. Saat menanam bibit buah naga seharusnya dikasih jarak minimal tiga mtr., jarak itu mempunyai tujuan untuk menahan kekurangan cahaya matahari. Disamping itu, Anda dapat juga membuat aliran air dengan kedalaman 25 cm di seputar tiang panjat.

3. Membuat Lubang tanam

Bila Anda sudah usai membuat tiang panjat, tingkatan selanjutnya ialah membuat lubang tanam. Berikut beberapa tahap membuat lubang tanam :
  1. Tiap tiang panjat, Anda dapat membuat 4 buah lubang tanam, dengan ukuran semasing 60 x 60 cm serta kedalaman 25 cm.
  2. Isikan lubang tanam dengan media tanam berbentuk kombinasi pupuk, tanah, pasir, serta kapur pertanian.
  3. Siram seperlunya dengan air, janganlah sampai digenangi.
  4. Dalam beberapa waktu, diamkan lubang supaya terserang sinar matahari sampai kering.
  5. Memberi pupuk yakni sekitar 25 gr sesudah 2 atau 3 hari. Anda dapat memakai pupuk tipe TSP. Langkah pemberian pupuk dengan memutari tiang panjat, selanjutnya di diamkan sepanjang sehari. Sesudah dikasih pupuk, Anda dapat menanaminya dengan bibit tanaman.

Langkah Menanam Buah Naga

Beberapa tahap mengalihkan bibit ke kebun Anda dari polybag ialah seperti berikut.

Di bawah ini langkah mengalihkan bibit buah naga dari polybag ke kebun anda.

  1. Satu tiang panjat dapat berisi empat buah bibit buah naga, dimana keempatnya ditanam melingkari tiang panjang dengan jarak 10 cm
  2. Bikinlah media tanam berbentuk kombinasi dari tanah, pasir, serta pupuk. Kombinasi itu dimasukkan ke lubang tanam yang sudah dibikin.
  3. Mengalihkan bibit buah naga dari polybag, buang plastic polybagnya, sedang tanahnya tidak kenapa diikutkan.
  4. Menimbut bibit buah naga dengan tanah sampai padat serta rata.
  5. Mengikat bibit supaya bersatu dengan tiang, pengikatan terus dikerjakan sampai tanaman memiliki ukuran 20-30 cm.
  6. Apabiila cabang tunas buah naga tumbuh sebelum sampai pucuk tiang panjat, seharusnya cabang itu dipotong serta disisakan satu cabang saja.

Perawatan tanaman Buah Naga 

Dalam budidaya tanaman buah naga, lakukan perawatan penting dikerjakan. Hasil penanaman yang baik tidak sampai hasil memberi kepuasan jika tidak didukung perawatan yang jeli.

Berikut perawatan tanaman buah naga yang seharusnya Anda lihat :

a. Pengairan

Siramlah tanaman buah naga pada sore dan pagi hari dengan teratur. Proses penyiraman tanaman janganlah sampai airnya menggenang.

b. Pemotongan

Sebaiknya anda memotong tunas yang bercabang sebelum tanaman sampai ujung tiang panjat serta tersisa sebuah cabang saja. hal itu dikerjakan supaya tanaman cepat tumbuh ke atas.
Pangkaslah tunas yang kira-kira tidak dibutuhkan saat tanaman mulai sampai umur dewasa. Disamping itu, jika ada sisi tanaman yang membusuk atau terserang penyakit seharusnya dipotong supaya tidak menyebar.
Seharusnya potong cabang buah naga yang berbuah sampai 4x serta membuatnya bibit untuk ditanam. Tetapi, yakinkan Anda tidak memotong semua cabang pada tanaman.

c. Pemupukan

pakailah pupuk kandang yang dibuat dari kotoran ayam sebelum tanaman sampai ujung tiang panjatan. Semakin lebih bagus bila pupuk telah kering atau lebih baik jika lewat proses fermentasi. Bila Anda tidak memakai pupuk organik serta pilih pupuk bikinan, pakailah pupuk dengan kandungan faktor Nitrogen yang banyak.

Pakai pupuk dengan kandungan Fosfor serta Kalium saat tanaman telah dewasa. Seharusnya jauhi pemakaian pupuk urea sebab kurang pas untuk tanaman sejenis kaktus seperti buah naga.
Disamping itu, pemberian dosis pupuk kandang yang dianjurkan ialah 5 kg per tiang panjat. Sesudah lewat proses panen, Anda dapat memberikan tambahan 200 kg kapur pertanian pada pupuk.

d. Pembersihan Rumput atau Gulma

Penyerapan pupuk serta faktor hara pada buah naga akan optimal bila tanpa ada masalah rumput tahu gulma yang tumbuh di sekitar tanaman. Bila rumput atau gulma dibiarkan tumbuh, penyerapan pupuk akan terdiri, hingga tidak optimal diserap tanaman buah naga. 

e. Memberantas Hama

Anda dapat bersihkan dengan manual hama seperti bekicot serta ulat yang hinggap di tanaman. Sedang hama seperti jamur serta kutu putih dapat Anda tumpas dengan zat biopestisida. langkah membuat zat biopestisida membutuhkan bahan seperti berikut :
  1. Daun pahitan
  2. Sampah tembakau
  3. Air
  4. Campur semua bahan dengan perbandingan 1 : 1 : 2, selanjutnya dimasukkan ke wadah serta didiamkan sepanjang sebulan.

f. Pastikan Sinar Cukup

Tempat yang baik untuk tanaman buah naga ialah tempat yang lega serta mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Konsumsi sinar matahari yang cukup akan membuat tanaman buah naga tumbuh secara baik, serta dapat berbuah dengan lebat.

Proses Panen

Buah Naga Di bulan ke 10 saat tanam, umumnya buah naga putih umumnya akan mulai membuahkan buah. Sedang buah naga merah bertambah cepat , yakni di bulan ke 8.

1. Proses panen
  • Ciri buah naga siap panen ialah warnanya merah pekat
  • Umumnya buah naga yang dibuat berbobot 400 sampai 700 gr
  • Jarak di antara bunga serta buah naga jadi masak ialah sepanjang 35 hari
  • Buah naga dapat tahan sampai 20 hari jika ditempatkan di temat terbuka
  • Bila dimasukkan ke almari es buah naga dapat tahan sampai sebulan.
2. Saat panen
  • Lakukan pemupukan serta campur dengan kapur pertanian dua bulan sesudah panen.

Mengapa tanaman Buah Naga Tidak Berbuah dan Jalan keluarnya

Kadang ada masalah tanaman buah naga telah berusia sampai dua tahun tetapi tidak segera berbuah, baik ditanam di pekarangan atau pot. Hal itu berlangsung umumnya dikarenakan beberapa hal seperti : kekeliruan dalam pupuk, kekurangan cahaya matahari, tidak memotong rumput/gulma, tanaman digenangi air, serangan hama, serta ketidakberhasilan penyerbukan.
Simak rincian beberapa faktor itu di bawah ini :

a. Kekurangan Cahaya Matahari
Pilih tempat tanam yang lega, sebab tanaman buah naga adalah tipe kaktus yang dapat hidup di padang pasir. Jauhi tanaman buah naga Anda dibiarkan tumbuh di tempat yang tertekan atau ditutupi beberapa benda tinggi.

b. Salah Pupuk
diawalnya perkembangannya, jika Ada akan lakukan pemupukan seharusnya pilih pupuk dengan kandungan nitrogen yang tinggi. Saat telah sampai umur dewasa, pilih pupuk dengan kandungan fosfor serta kalium yang tinggi.

Pembusukan tangkai tanaman dapat berlangsung, bila Anda salah pilih pupuk contohnya memakai pupuk urea. Bila pupuk kandang belum masak, jangan diberi pada tanaman. Disamping itu, supaya penyerapan pupuk maksimal, yakinkan Anda telah memotong rumput serta gulma yang tumbuh di seputar tanaman.

c. Tidak dipotong
energy bisa banyak terbuang untuk pembentukan daun jika tanaman buah naga tidak dipotong. Hal itu membuat energy tidak dipakai tanaman untuk berbuah.

d. Umumnya Air
Tanaman buah naga yang kelebihan air sampai digenangi bisa membuat pembusukan tangkai. Anda harus mengendalikan demikian rupaya agar kebun Anda tidak digenangi air waktu musim hujan.

e. Serangan Hama serta penyakit
Tipe hama yang dapat menyerang buah naga dapat sampai 18 tipe hama. Oleh karenanya, Anda harus lakukan perawatan pada hama dengan jeli.

f. Penyerbukan yang Tidak Prima
Malam hari adalah waktu paling baik untuk buah naga lakukan penyerbukan. Anda bisa saja harus lakukan penyerbukan sendiri jika di seputar wilayah Anda kekurangan kumbang atau lebah yang bisa menolong proses penyerbukan tanaman buah naga pada malam hari.

Dengan mengerti langkah menanam buah naga yang benar bisa membuat gagasan berkebun Anda sukses. Disamping itu, dengan lakukan perawatan yang baik akan membuat hasil buah naga jadi memberikan keuntungan.
Pras Pratama Tv maven. Hardcore analyst. Pop culture scholar. Writer. Zombieaholic. Prone to fits of apathy. Problem solver. Food lover. Gamer. Music expert.

Belum ada Komentar untuk "Panduan Menanam Buah Naga Dari Awal Sampai Panen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel