Panduan Menanam Bawang Putih Dari Awal Sampai Panen Besar

Langkah Menanam Bawang Putih – Salah satunya komoditas tanaman rempah yang penting serta diperlukan oleh manusia dalah bawang putih. Bawang putih mempunyai nama latin Allium sativum, tanaman yang datang dari genus Allium ini datang dari daerah Asia Tengah. Sebab adalah salah satunya bumbu rempah yang perlu keberadaannya, mengerti langkah menanam bawang putih juga butuh dilihat.

Dalam perubahannya, bawang putih sudah menyebar ke beberapa penjuru dunia. Di lokasi Laut Tengah tanaman ini telah jadi bahan makanan yang bersejarah. Sampai sekarang di benua Asia, Eropa, serta Afrika bawang putih telah jadi bumbu umum jadi kombinasi masakan atau penyembuhan. 


Keadaan Lingkungan yang Pas Ditanami Bawang Putih

  • Bawang putih benar-benar baik di tanam wilayah yang mempunyai iklim sejuk serta relatif kering
  • pH seputar 6 sampai 7
  • varietas bawang putih Lumbung putih, Jati barang, Bagor, serta Sanur benar-benar pas di tanam pada dataran tinggi 700 sampai 1000 mdpl benar-benar pas ditanami bawang putih
  • dalam pembentukan umbi bawang putih, suhu malam serta relatif dingin benar-benar dibutuhkan

Langkah Budidaya Bawang Putih

Bila Anda merencanakan lakukan budidaya rempah bawang putih untuk dipasarkan, karena itu beberapa tahap yang perlu dilihat serta dikerjakan ialah seperti berikut :

Penentuan Benih

Dalam penentuan benih bawang putih yang bermutu baik, kriteria yang perlu dipenuhi ialah seperti berikut :
  • Bibit terlepas dari hama serta penyakit
  • Pangkal tangkai penuh serta memiliki tekstur keras
  • Suing bawang licin, tegar, serta tidak keriput
  • Besar suing untuk benih ukurannya 1,5 sampai 3 gr

Pemrosesan Tempat

Tempat harus diproses terlebih dulu sebelum ditanami benih. Sebulan sebelum ditanam benih, seharusnya bila tanah dalam keadaan asam, dinetralkan lebih dulu. Jika kandungan asam tanah seputar pH kurang dari 6, karena itu tambahkanlah zat kapur sekitar 1 sampai 2 ton per hektar tanah.

Cangkullah tanah sedalam 30 sampai 40 cm, selanjutnya pupuk sekitar 10 sampai 15 ton per hektar tanah. Pupuk yang dapat dipakai ialah pupuk kandang atau popok kompos. Selanjutnya buat bedengan sesudah pupuk diratakan, lebar bedengan seputar 60 cm.

Penanaman

Umbi harus disimpan sepanjang 3 bulan sebelum jadikan bibit. Lantas kupaslah kulit yang umbi bawang putih. Selanjutnya potong suing bawang putih untuk pastikan bila terlihat titik berwarna hijau, berarti bibit siap ditanam.

Berilah jarak tanam yang rengang yakni seputar 15 x 10 cm untuk siung memiliki ukuran besar. Upayakan supaya bibit tertancap ke tanah 2/3 bagiannya dalam tempat tegak lurus pada permukaan tanah.

Walaupun bila ditanam terbalik masih bisa tumbuh, upayakan untuk menghindarkan hal itu sebab perkembangan tanaman bawang putih jadi tidak prima.

Pemupukan

Anda dapat memakai pupuk organik atau non organik. Berikut dosis pupuk yang dapat Anda pakai :
  • Dosis pupuk organik : 10-20 ton pupuk kandang/hektar tempat
  • Dosis pupuk non organik : 200 Kg Nitrogen, 180 Kg P2O5, serta 142 Kg S per hektar tempat.

Pemberian pupuk dikerjakan dengan dua step, yakni :
  • Saat menanam benih
  • Pembentukan tunas serta umbi (saat usia 15 sampai 40 hari). 

Penyiangan

Penyiangan serta penggemburan tanah seharusnya dikerjakan minimum 2x waktu lakukan penanaman bawang putih. Yakni waktu tanaman berumur 2-3 minggu serta saat berumur 4-5 minggu saat tanam. Penyiangan harus dikerjakan jika di seputar tanaman bawang putih masih ditumbuhi gulma.

Penyiangan serta penggemburan tanah harus dikerjakan dengan jeli, khususnya waktu umbi bawang putih mulai tercipta. Disamping itu, supaya penyiangan yang dikerjakan tidak mengakibatkan kerusakan akar serta umbi baru yang tumbuh.

Pembubunan

Proses pembubunan butuh dikerjakan dalam penanaman bawang putih. Butuh dilihat jika pembubunan penting dikerjakan khususnya di ruang pinggir bedengan. Hal itu dikerjakan supaya tidak rawan alami longsor saat dikasih air.

Tanah untuk pembubunan seharusnya didapat dari parit atau selokan di seputar bedengan, hal itu dikerjakan supaya tempat bedengan tambah tinggi serta parit jadi lebih dalam. Disamping itu, hal itu dikerjakan supaya drainase jadi kembali normal.

Pembubunan berperan melakukan perbaikan susunan tanah serta akar pada tanaman, hingga tanaman berdiri kuat serta ukuran umbi bawang putih yang dibuat memiliki ukuran semakin besar.

Perawatan Pada OPT

Tipe OPT yang umum menyerang tanaman bawang putih sangat beragam. Diantaranya ialah seperti berikut :
  • Fusarium sp
  • Alternaria porii
  • Thrips tabaci
  • Spodoptera exigua atau ulat bawang
  • Onion Yellow Dwarf Virus (OYDV) dan sebagainya.

Pembusukan Bawang Putih

Penyakit ini diketahui sebagai penyakit layu fussarium, sebabnya ialah jamur fussarium xyporum. Jamur ini bisa membuat infeksi pada tanaman bawang putih yakni berbentuk beberapa luka pada tanaman.

Pendangiran yang kurang waspada, hama, serta kelalaian dalam pemotongan dapat juga membuat cedera infeksi seperti yang dikarenakan jamur Fussarium.

Sering infeksi ini berlangsung saat sesudah panen umbi bawang atau saat proses penyimpanan bawang saat panen. Permukaan yang terlihat basar rawan terserang infeksi ini. Lama kelamaan umbi akan kecoklatan serta membusuk sesudah jadi lunak awalnya.

Perlakuan proses panen serta saat panen yang kurang baik condong membuat umbi bawang rawan berlangsung pembusukan. Disamping itu, beberapa hal di bawah ini dapat jadi beberapa ciri bawang ternfeksi Fussarium :
  • Daun-daun mulai layu dari ujung berwarna kuning serta meliuk
  • Tanaman bawang kelihatan terkulai serta rawan robong
  • Ada koloni jamur Fussarium yang berwarna putih jika umbi dirombak

Penyakit infeksi jamur Fussarium dapat juga berlangsung sebab kekeliruan pemakaian benih. Tanaman bawang berumur 10 hari saat tanam dapat terinfeksi jamur ini, jika kekeliruan ada di benih. Sedang jika infeksi jamur berlangsung pada tanaman bawang berumur tiga minggu saat tanam, karena itu bisa dinyatakan infeksi itu disebarkan dari tanah tempat menanam.

Langkah pengaturan infeksi pembusukan ini yakni dengan mencabut serta menghancurkan sisi tanaman yang diserang. Anda dapat memakai plastik atau lakukan pendangiran dengan jeli. Lakukan perputaran tanaman pada tempat serta membuat sanitasi yang baik.

Menaburkan fungsida pada benih beberapa waktu sebelum penanaman dapat juga dikerjakan supaya terlepas dari pembusukan karena jamur. Yang penting dilihat ialah dosisnya harus pas serta tidak terlalu berlebih.

Bila Anda akan memakai pupuk pada bedengan, pilih pupuk dengan Trichoderma sp atau Trichocompos yang ditaburkan sebelum benih di tanam.

Pemakaian benih yang sehat, bisa jadi jalan keluar pengaturan OPT untuk tanaman bawang putih Anda. Disamping itu, juga bisa memakai lawan alami, sanitasi yang baik, serta pemakaian pestisida dengan tidak terlalu berlebih.

Proses Panen

  • Pada tenggang umur 3 sampai 4 bulan bawang putih dapat dipanen. Tetapi hal itu bergantung pada varietas yang ditanam serta keadaan tempat yang dipakai.
  • Beberapa daun tanaman bawang putih kan menguning serta jadi kering, hal itu mencirikan bawang putih siap untuk dipanen. Disamping itu, ciri siap panen yang lain ialah batang pada tangkai bawang putih akan mengeras.
  • Anda dapat mencabut langsung tanaman bawang putih pada tanah yang memiliki tekstur mudah. Disamping itu, Anda dapat juga lakukan pencungkilan di tanah yang memiliki tekstur cukup berat untuk memanen bawang putih.
  • Hasil panen seharusnya diikat, dengan ikatan semasing 30 batang, selanjutnya dijemur sepanjang satu sampai dua minggu.
  • Anda dapat lakukan perputaran tanaman sesudah lakukan proses pemanenan. Perputaran tanaman adalah pendayagunaan tempat dengan menanami tempat dengan tanaman lain setelah lakukan panen. Butuh diingat jika Anda harus tetap mendiamkan serta memproses tanah lebih dulu.

Saat proses Panen

Sesudah memanen tanaman bawang putih serta mengumpulkannya berbentuk ikatan-ikatan kecil, Anda harus menjemurnya supaya hasil panen terlepas dari kerusakan serta mutunya masih terbangun.

Bawang putih dapat disimpan bila banyaknya tidak banyak dengan menggantungnya dalam tempat khusus, contohnya para-para. Tetapi bila jumlahnya panennya banyak, taruhlah bawang putih di gudang yang mempunyai ventilasi udara yang baik serta bersuhu 25 sampai 30 derajat celcius.

Suhu serta ventilasi dalam gudang memang penting untuk dilihat, sebab bila begitu tinggi dapat membuat pertunasan bawang cepat berlangsung.

Langkah Menanam Bawang Putih di Rumah Sampai panen lebat

Bila Anda ingin menanam bawang putih tidak dalam rasio yang besar, menanamnya di dalam rumah dapat jadi jalan keluar.

Anda dapat mengirit pengeluaran rumah tangga sebab tanaman rempah ini adalah bahan makanan yang biasanya seringkali dikonsumsi di dalam rumah. Simak rincian langkah menanam bawang putih di bawah ini.

1. Pilih Tipe Bawang Putih untuk Ditanam

Ada dua tipe bawang putih yang biasanya sering ditanam sendiri di dalam rumah, yakni tipe bawang putih Softneck serta Hardneck.

Karakter tanaman bawang putih Softneck adalah daunnya yang menjuntai ke bawah. Sedang Hardneck mempunyai tangkai tanaman yang tegak serta condong keras. Disamping itu, umbi bawang putih Hardneck ada umbi di tengahnya.

Karakter lain dari bawang putih Softneck ialah relatif lebih gampang penanaman serta pengembangannya di wilayah beriklim panas. Bawang yang dibuat juga memiliki ukuran lebih kecil serta mempunyai rasa ciri khas bawang yang kuat. Sedang bawang Hardneck biasanya tumbuh secara baik di wilayah beriklim condong dingin.

2. Menanam Benih yang Diambil

Menanam bawang putih di dalam rumah pada intinya tidak susah. Yang perlu Anda buat persiapan ialah beberapa hal seperti berikut :
  • Mempersiapkan pot memiliki ukuran kecil beberapa buah serta sebuah pot memiliki ukuran besar
  • Sediakan media tanam berbentuk tanah yang gembur serta subur
  • Beberapa butir bawang yang masih ada akar seharusnya dipotong
  • Galilah beberapa lubang dengan kedalaman yang cukup pada pot yang sudah dikasih tanah
  • Masukan potongan bawang pada lubang, selanjutnya menutupnya dengan tanah dengan rata
  • Siram pot dengan air seperlunya, jangan terlalu berlebih.
Bawang akan alami perubahan awal saat berumur beberapa waktu, diikuti dengan timbulnya daun berwarna hijau. Saat tanah terlihat mulai jadi kering, siramlah kembali dengan air seperlunya. Disamping itu, berilah pupuk yang dibuat dari pelet ikan serta rendaman rumput.

3. Langkah Memangkas Daun dari Bawang

Beberapa hal yang penting dilihat saat bawang putih terlihat siap untuk dipanen :
  • Daun tanaman bawang putih yang keluar dari dalam tanah serta berwarna hijau pada intinya bisa dikonsumsi
  • Daun tersebuut dapat makin memanjang dari sekian waktu. Oleh karenanya, bila terus dibiarkan dapat membusuk, lebih bagus digunakan untuk keperluan memasak.

4. Proses Panen Tanaman Bawang Putih

Tipe serta cuaca di seputar daerah dapat memengaruhi waktu panen bawang putih. Jika di daerah Anda cuaca condong dingin, karena itu waktu panen dapat lebih telat. Sedang jika cuaca di daerah Anda condong panas, waktu panen dapat bertambah cepat.

Bila sisi tengah daun tanaman terlihat sudah menguning kecoklatan, umbi bawang siap untuk dipanen. Saat tanah condong kering, Anda dapat mengawali ambil bawang untuk dipanen. Langkah memanennya dengan benara dengan melapangkan bawang saat tanah condong kering.

5. Proses Sesudah pemanenan Bawang Putih

Tempatkan bawang putih yang sudah disatukan dibawah cahaya matahari seperlunya. Hal itu dapat membuat susunan kulit bawang mengelupas hingga nanti lebih gampang dikupas. Sisa-sisa tanah yang masih melekat pada bawang seharusnya didepak dengan disikat.

6. Simpan Bawang Hasil Panen Bawang Putih

Suhu mulai 10 sampai 21 derajat celcius adalah suhu baik untuk simpan bawang putih yang sudah dipanen. Disamping itu butuh dilihat perputaran serta kelembapan ruang, serta jauh dari cahaya matahari.

Hal itu harus betul-betul dilihat supaya bawang tidak gampang busuk sebab peletakan yang kurang baik.

Langkah Simpan Bawang Putih supaya Masih Awet serta Bermutu Baik

Dalam membuahkan rasa masakan, bumbu dapur bawang putih menggenggam peranan penting seperti bawang merah serta cabai. Dari mulai makanan ringan, cemilan, sampai makanan berat dalam pengolahannya manfaatkan bumbu bawang putih untuk penyedap rasa.

Bawang putih terhitung bumbu yang awet dalam tempo lama serta tidak rawan alami kerusakan, hingga pilih bawang putih yang baik bukan pekerjaan yang begitu susah. Tetapi dalam pemilihannya harus tetap memerhatikan banyak hal.

Di pasar, stock bawang putih dapat disebutkan belum pernah habis serta tetap ada. Sebab keinginan pada bumbu dapur satu ini condong banyak. Pada pertengahan musim panas adalah pucuk panen bawang putij. Disamping itu, pada musim panas jumlahnya bawang putih yang dibuat benar-benar lebat serta banyak.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda lihat saat pilih bawang putih :
  • Kualitas bawang putih yang dibuat ditengah-tengah musim panas juga biasanya berkualitas baik
  • Sisi kepala bawang yang kering adalah tanda-tanda bawang putih yang fresh, hingga Anda dapat pilih bawang bermutu baik dengan memerhatikan sisi itu
  • Sisi butir bawang kelihatan padat serta gemuk
  • Bawang yang bermutu baik mempunyai berat yang condong berat sebab kandungan airnya ada banyak
  • Jauhi beli bawang yang telah berkecambah
  • Tanda atau sinyal bawang sangat tua ialah saat ada tunas yang mulai berkembang, serta jika dikonsumsi akan beresiko

Saat Anda telah memperoleh bawang putih bermutu baik, memperhaikan tempat untuk penyimpanannya juga penting untuk dikerjakan. Taruhlah bawang dalam tempat dengan suhu sejuk, supaya bisa tahan lama.

Bawang putih akan makin awet apabil suhu tempat penyimpanannya makin dingin. Anda dapat simpan bawang di freezer jika keadaan bawang putih telah mengelupas.

Menanam bawang putih baik untuk kepentingan sendiri atau untuk dipasarkan memang memberi keuntungan tertentu. Langkah menanam bawang putih juga tidak susah bila dikerjakan dengan jeli.
Pras Pratama Tv maven. Hardcore analyst. Pop culture scholar. Writer. Zombieaholic. Prone to fits of apathy. Problem solver. Food lover. Gamer. Music expert.

Belum ada Komentar untuk "Panduan Menanam Bawang Putih Dari Awal Sampai Panen Besar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel