6 Cara Menanam Anggrek di Pot Supaya Terlihat Indah

Untuk menghiasi kebun atau halaman rumah, bunga anggrek yang ditanam dalam pot bisa menjadi pilihan yang bagus. Tentunya dengan perpaduan yang sesuai dan tata cara yang tepat, agar anggrek anda tumbuh dengan baik dan indah.



Cukup banyak media yang bisa dijadikan wadah untuk tanaman anggrek, dan pot adalah pilihan yang paling bagus. Karena dengan banyaknya pilihan jenis pot yang tersedia di pasaran, kamu bisa menyesuaikannya dengan rumah ataupun kebunmu. Berikut adalah tata cara untuk menanam anggrek dalam pot dengan benar, silakan kamu ikuti langkah-langkahnya dibawah.

Tingkatan Langkah Menanam Anggrek di Pot

 

1. Pilih Pot yang Pas serta Sesuai dengan

Menanam anggrek dengan pot adalah pilihan yang paling pas. Tetapi alangkah lebih baiknya Anda memakai pot yang sesuai tanaman anggrek. Pot dengan bahan tanah liat dengan dinding yang memilki lubang-lubang kecil berdiameter 2 cm pas untuk bunga Anggrek Anda.

Lubang-lubang kecil itu berperan jadi tempat perputaran udara serta mempermudah proses drainase tanaman Anggrek. Disamping itu, pot dengan bahan tanah liat akan menolong proses penyerapan air sebab bunga Anggrek tidak memerlukan banyak air serta untuk jaga akarnya supaya tidak cepat membusuk.

2. Pakai Tiang Penahan Tangkai

Tanaman anggrek adalah tanaman yang menyebar hingga Anda harus mempersiapkan tiang untuk perkembangan Anggrek Anda. Tidak hanya untuk media perkembangan, tiang ini akan memberi bentuk tanaman anggrek yang memanjakan mata sesuai yang Anda kehendaki.

Tiang yang paling pas ialah tiang dengan bahan kawat sebab kuat serta bertahan lama. Bikinlah tiang penahan berdiameter 2-4 mm. Tiang penahan ini nanti dapat Anda terlepas jika anggrek Anda bisa hidup kuat dalam pot.

3. Mempersiapkan Media Tanam Anggrek

Banyak media tanam yang dapat dipakai menjadi media tanam anggrek. Beberapa pilihan media tanam yang dapat Anda pakai ialah sabut kelapa, batu bata atau tangkai, atau serta arang kayu.

Pilih media tanam yang dapat secara baik menyerap air agar menolong kurangi air yang diserap oleh akar anggrek. Akar anggrek yang kebanyakan menyerap air akan membuat cepat membusuk.

4. Pilih Bibit yang Bagus untuk Ditanam

Waktu Anda ingin menanam anggrek di pot karena itu Anda harus mempersiapkan bibit yang mana yang akan Anda tempatkan di pot serta Anda rawat nanti. Anda dapat pilih bibit dengan tinggi seputar 30 – 50 cm supaya gampang untuk diatur.

Disamping itu, bibit yang baik ialah bibit yang sehat tanpa sisi yang busuk atau layu. Bibit ini nanti akan bertumbuh serta berbunga jadi bibit yang bagus ialah yang pas untuk di tanam.

5. Langkah Menanam Anggrek di Pot yang Pas

Bila semua yang diperlukan sebelum penanaman anggrek di pot telah siap karena itu kerjakan tahapan-tahapannya, yakni.
  • Pilih pot yang sesuai kemauan Anda. Yakinkan pot itu pas untuk ruang atau taman Anda.
  • Gunakanlah penahan tiang sampai sentuh pada fundamen pot.
  • Masukan media tanam pada pot yang sudah ditata bersama dengan penahan tiang.
  • Sesudah usai, tempatkan bibit anggrek Anda yang telah disediakan untuk masuk ke pot.
  • Mengatur akar bibit agar menebar rata ke semua sisi pot. Hal itu dikerjakan supaya perkembangan anggrek bisa bagus serta optimal.
  • Sesudah teratur secara baik karena itu ikat tangkai anggrek pada tiang penahan. Jangan begitu kuat serta jangan begitu kendor supaya anggrek bisa bertumbuh secara baik.
  • Tempatkan tanaman anggrek Anda dalam tempat dengan angel yang bagus hingga bisa percantik rumah atau dekorasi Anda.

6. Menjaga Tanaman Anggrek di Pot

Menjaga anggrek dalam pot tidak demikian merepotkan, Anda perlu tahu bagaimana keperluan tanaman bunga anggrek Anda. Pada intinya, tanaman anggrek harus ditempatkan dalam tempat yang teduh untuk menghindarkan cahaya matahari serta air hujan dengan cara langsung. Hal itu dikerjakan membuat perlindungan tanaman Anggrek supaya tidak gosong atau serta membusuk.

Untuk perawatannya yang lain, Anda harus menyiramnya dengan teratur dengan air yang cukup. Untuk penyiraman anggrek, Anda butuh tahu tipe anggrek itu. Untuk anggrek dengan tangkai tunggal harus disiram sekitar 2-3 satu hari, sedang untuk anggrek anggrek berumpun cukup 1-2 kali satu hari.

Pemupukan anggrek yang Anda kerjakan bisa membuat anggrek tumbuh secara baik serta membuahkan bunga yang cantik. Bila anggrek Anda masih terbilang muda karena itu butuh dipupuk dengan pupuk yang kaya nitrogen sedang untuk anggrek yang akan berbunga memerlukan pupuk yang kaya fosfor. Pemupukan dapat Anda kerjakan saat pagi atau sore hari untuk Anggrek Anda.

Bila Anda sudah ikuti tahapan-tahapan langkah menanam anggrek di pot dengan cermat serta sistematis, karena itu dapat dinyatakan tanaman anggrek Anda akan berbunga memanjakan mata. Bunga itu dapat Anda pakai jadi penghias ruang rumah atau serta kebun Anda. Bunga anggrek itu dapat membuat Anda suka serta senang sebab bunganya yang benar-benar memanjakan mata.
Pras Pratama Tv maven. Hardcore analyst. Pop culture scholar. Writer. Zombieaholic. Prone to fits of apathy. Problem solver. Food lover. Gamer. Music expert.

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Menanam Anggrek di Pot Supaya Terlihat Indah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel