Pengertian dan Penjelasan " Kebutuhan Manusia "

Kebutuhan adalah suatu keinginan terhadap suatu barang dan jasa yang menuntut adanya pemenuhan, untuk kelangsungan hidupnya dalam rangka mencapai kemakmuran. Kebutunan dapat dipenuhi dengan cara memiliki atau menikmati barang.Apabila kebutuhan itu tidak terpenuhi, maka akan berakibat bagi kelangsungan hidup orang tersebut. Contoh:
  1. Bagi orang lapar, maka segera makan.
  2. Bagi orang haus, maka segera minum.
Agar alat pemenuhan yang kita miliki dapat mencukupi kebutuhan, maka sebaiknya dalam penggunaan kita harus sesuaikan dengan skala prioritas.


Skala Prioritas Kebutuhan

Karena kebutuhan tidak terbatas sedangkan alat pemenuhan kebutuhan terbatas maka kita harus menetapkan prioritas. Kebutuhan yang paling penting harus kita penuhi terlebih dahulu. Skala prioritas kebutuhan adalah pemilihan pemenuhan kebutuhan dari yang terpenting hingga yang tidak penting.

Skala prioritas dapat ditetapkan oleh setiap rumah tangga, dengan membuat daftar yang memuat semua kebutuhan dan harus disesuaikan dengan penghasilan. Dari daftar kebutuhan tersebut kita membuat rangking kebutuhan mana yang paling mendesak dan itulah yang akan kita penuhi lebih dahulu. Sehingga kita dapat memanfaatkan alat pemuas secara cermat dan alat pemuas itu benar-benar dapat memenuhi kebutuhan kita.

Beritkut adalah macam-macam kebutuhan manusia

Menurut Intensitasnya atau Tingkatannya

Menurut intensitas atau tingkatan, dibedakan menjadi 3 (tiga) macam yaitu:

Kebutuhan Primer (Kebutuhan Pokok)
Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus dipenuhi karena jika tidak dipenuhi akan memengaruhi kelangsungan hidup. Contoh: kebutuhan makan, minum, sandang, perumahan, dan istirahat.

Kebutuhan Sekunder (Tambahan)
Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebDutunan primer terpenuhi (kebutuhan pelengkap dari kebutuhan primer) Contoh: perabot rumah tangga, lemari, radio, arloji, sepeda, dan lain-lain.

Kebutuhan Tersier (Kebutuhan Barang Mewah)
Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Kebutuhan ini tidak mutak harus dipenuhi, tetapi disesuaikan kondisi keuangan masing-masing orang. Contoh: mobil, motor besar (Harley), dan lain-lain.

Menurut Sifatnya

Kebutuhan Jasmani
Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang bersifat memberi kepuasan pada badan atau jasmani (kebutuhan bersifat materi). Contoh: kebutuhan makan, minum, kesehatan obat bagi yang sakit.

Kebutuhan Rohani
Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang dirasakan untuk kepentingan jiwa manusia. Apabila kebutuhan ini terpenuhi akan merasa puas, aman, dan tenang. Contoh: kebutuhan akan rekreasi, agama, hiburan, baca buku pendidikan, dan lain-lain.

Menurut Waktu

Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus segera dipenuhi pada saat dibutuhkan. Jika pemenuhan kebutuhan tidak dilakukan dengan segera berakibat terhadap kelangsungan hidupnya. Contoh:
  • Makanan sangat dibutuhkan oleh orang yang kelaparan.
  • Minuman sangat dibutuhkan oleh orang yang kehausan.
  • Obat sangat dibutuhkan oleh orang yang sakit, dan lain-lain.
Kebutuhan masa yang akan datang adalah kebutuhan manusia yang pemenuhannya Disa ditangguhkan pada masa yang akan datang. Namun kebutuhan ini bisa dipersiapkan dari sekarang. Contoh:
  • Uang tabungan, bisa digunakan untuk pendidikan masa depan anak-anaknya.
  • Uang tabungan untuk persiapan hari tua.
  • Uang tabungan untk persiapan pengobatan jika sakit, dan lain-lain.

 Kebutuhan Menurut Subjeknya

  • Kebutuhan individu, adalah kebutuhan yang berhubungan langsung dengan perseorangan. Kebutuhan ini tergantung dan keinginan masing-masing orang (setiap orang tidak sama). Contoh: makan, minum, sapatu, tas, motor, mobil, handphone, dan lain-lain.
  • Kebutuhan kelompok (kolekti), adalah kebutuhan yang dirasakan oleh sekelompok orang secara bersama-sama dan pemenuhannya juga dilakukan secara bersama-sama. Contoh: kebutuhan jalan, sekolah, pasar, jembatan, lapangan, dan lain-lain.
Pras Pratama Tv maven. Hardcore analyst. Pop culture scholar. Writer. Zombieaholic. Prone to fits of apathy. Problem solver. Food lover. Gamer. Music expert.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Penjelasan " Kebutuhan Manusia ""

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel